Ringkasan Khutbah Jumat, Syeikh Hasan Shaffar ,7 Dzulhijjah 1445 H


 

Dalam Khutbah jumat tersebut beliau berkata:

Sesungguhnya para Imam Ahlulbait as. menyeru syiah dan pengikutnya untuk menjaga perasaan orang lain yang berbeda madzhab dengan berinteraksi secara santun dan menjauhi segala bentuk tindakan melukai hati atau menyinggung perasaan orang lain. Semua demi tidak tumbuhnya perasaan tidak suka dan kebencian terhadap Ahlulbaitas. dan para pengikutnya.

Hal ini disampaikan pada Khutnah Jumat, 7 Dzulhijjah 1445 H bertepatan dengan 14 Juni 2024 di Masjid Ar Risalah, kota Qatif, Saudi bagian timur.

Beliau menjelaskan bahwa sirah Ahlulbait yang penuh kebijaksanaan serta tuntunan menyadarkan yang  tersebut dalam riwayat mereka mengandung pesan-pesan penting untuk meningkatkan kwalitas hubungan antara pengikut Ahlulbait dan masyarakat serta penganut madzhab yang berbeda.

Ajaran-ajaran mereka menyeru agar persatuan Islam selalu dijaga, agar kerukunan dan kemesraan antar anggota masyarakat terpelihara serta terhindar dari ketergelinciran akibat fitnah, permusuhan etnis atau madzhab.

Beliau menambahkan:

Inilah yang seharusnya menjadi pegangan dalam setiap mimbar yang menisbahkan diri kepada madzhab Ahlulbait as. dan situs-situ online yang menebarkan caci maki dan kecaman, maka hal itu bertentangan sirah Ahlulbait dan tuntunan-tuntunannya.

Beliau juga mengajak para ulama dan penceramah  dalam masyarakat Syiah, untuk menyampaikan pesan-pesan dan ajaran Ahlulbait ini kepada masyarakatnya agar para pengikut bisa mengambil tuntunan imam-imam mereka dan menauladani kemuliaan akhlak mereka. Sehingga mereka (syiah) lebih membaur dengan masyarakat di daerah masing-masing.

Beliau juga menekankan bahwa dalam munasabah (event) umum dimana kaum muslimin berkumpul secara  massal dengan berbagai latar belakang madzhab, seperti musim haji, maka harus dihindari penggunaan kata-kata yang menyinggung perasaan atau menggunakan istilah yang pemahamannya akan menyakiti orang lain atau menjadi alasan pertengkaran dan saling hujat.

Selanjutnya beliau berkata:

Kita dapati dalam riwayat-riwayat Ahlulbait as. dan sirah mereka ada fokus pada satu point penting dalam mengembangkan aura positif bagi orang yang tidak sepaham dengan kita yang dengannya aura negatif akan hilang.

Salah satunya adalah dengan melakukan interaksi dengan orang lain dengan kata-kata yang dijaga agar tidak terjebak pada kata-kata yang menyakiti orang lain seperti caci maki, laknat dan umpatan. Hal ini berangkat dari firman Allah :

: {وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ}.

Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku agar berbicara dengan cara terbaik. Sesungguhnya setan selalu berusaha menciptakan salah paham diantara mereka.

Beliau juga menambahkan:

Jangan pula mudah bereaksi secara emosional dan tidak terpengaruh oleh ajakan untuk merendahkan orang lain yang terkadang mereka orang-orang yang tidak tahu, korban pengaruh lingkungan atau memang menghendaki terjadinya permusuhan.

Disinilah, setiap mukmin yang sadar untuk bangkit berhiaskan kesabaran dan keteguhan sehingga musuh akan mengalami kesulitan dan tujuannya tidak akan tercapai.

Beliau menjelaskan juga bahwa diantara tuntunan Ahlulbait adalah berusaha menyelami pemikiran orang lain dan tidak membuat benturan dengan sesuatu yang tidak ia pahami karena pengaruh lingkungan atau perbedaan budaya, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Shadiq as:

«رَحِمَ اَللَّهُ اِمْرَأً اِجْتَرَّ مَوَدَّةَ اَلنَّاسِ إِلَيْنَا فَحَدَّثَهُمْ بِمَا يَعْرِفُونَ وَتَرَكَ مَا يُنْكِرُونَ».

Allah menyayangi orang yang menjadikan orang-orang mencintai kami, berbicara dengan yang mereka pahami dan menghindari hal-hal yang mereka ingkari

Beliau juga menyebutkan bagaimana para Imam Ahlulbait sangat menganjurkan syiah mereka untuk menghormati dan berbuat baik kepada orang lain dengan menyampaikan sebuah hadits tentang sifat-sifat Syiah Ahlulbait :

: «بَرَكَةٌ عَلَى مَنْ جَاوَرُوا سِلْمٌ لِمَنْ خَالَطُوا».

…berkah bagi yang disekitarnya dan keselamatan bagi yang bergaul dengannya…


Khutbah selengkapnya : https://www.youtube.com/live/bugEY-SE53A?feature=share

No comments

Powered by Blogger.